Custom Search


| Home | Contact Us | Homepage |A Bout Me |


LCD Text Generator at TextSpace.net
:y"klik aj di bawah ini jika anda ingin liat renungan":d


Senin, 07 April 2008

Renungan


Hati –hati dengan ucapan
Matius 12:36

Harus diakui bahwa timbulnya pertengkaran maupun perselisihan oleh karena masing-masing tidak bisa mengendalikan diri, sehingga keluar ucapan-ucapan yang menyebabkan pihak yang lain jengkel, tersinggung, marah dsb. Memang tidak ada larangan untuk berucap, tetapi dalam berucap, orang harus tahu etika, aturan agar tidak menyinggung perasaan orang lain. Terlebih buat anak-anak Tuhan ada 1 tuntunan untuk tidak sembarangan berucap, tetapi harus bijaksana serta penuh kasih dan ucapan yang memuliakan nama Tuhan.

Kita sadar bahwa sebagai manusia, kita mempunyai sifat yang tidak baik menganai ucapan. Manusia lebih senang membicarakan kejelekan orang lain, bergosip, mencela dan yang lainnya tanpa memikirkan akibat yang kita ucapkan terhadap orang lain. Sungguh benar apa yang dikatakan firman Tuhan : “Sebab kita semua bersalah dalam bemyak hal,barang siapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang yang sempurna, yang dapat juga mengendalikan tubuhnya.” (Yak 3:2). Jelas sekali, hanya yang dapat menguasai ucapannya , ia juga dapat mengendalikan perbuatannya.

Jangan anggap remeh persoalan kecil ini, yaitu persoalan ucapan, sebab akibat dari apa yang kita ucapkan, kita akan menerima akibat dari perkataan kita seperti yang diucapkan Tuhan Yesus : “Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggung jawabkan pada hari penghakiman. Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum” (Mat 12:36-37)

Kita lihat saja pertengkaran, permusuhan, dan kehancuran suatu keluarga, bahkan suatu bangsa, disebabkan diantaranya karena masing-masing pribadi tidak dapat menjaga ucapan. Bahkan sering terjadi dikalangan gereja terjadi perselisihan hanya karena ucapan yang tidak menyenangkan.

Nb:
Sebab itu marilah kita senantiasa mempersembahkan ucapan syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memulikan nama-Nya.

Tidak ada komentar: